Kumpulan Makanan Khas Sulawesi

f:id:dunia_makanan:20200824114256j:plain



Sulawesi merupakan pulau yang berada di sebelah timur Indonesia, tepatnya terletak di antara pulau Kalimantan di sebelah barat dan Kepulauan Maluku sebelah di sebelah timur.

 

Penduduk pulau Sulawesi rata-rata didominasi oleh suku Bugis-Makassar yang kebanyakan dari mereka merupakan pedagang.

Di pulau Sulawesi terdapat 6 buah provinsi, merupakan provinsi Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Gorontalo.

 

Selain estetika pariwisatanya, pulau Sulawesi juga tenar dengan suguhan masakan yang beraneka dan sangat lezat.

 

Sekiranya kamu berencana untuk berlibur ke Sulawesi, jangan sampai melewatkan beberapa makanan khas Sulawesi yang yang ada di bawah ini :

 

 

  1. Coto Makassar

Makanan khas Sulawesi bernama coto ialah makanan dengan bahan dasar jeroan sapi yang dibuat dengan metode direbus dengan waktu yang lama.

 

Sama halnya dengan soto, coto juga memiliki kuah dengan warna coklat bercampur dengan irisan daging sapi, bahkan ada tambahan lain seperti jantung, babat, dan hati sapi.

 

Untuk memberikan rasa sedap, coto akan diberi bumbu dari rempah-rempah khas Indonesia yang diracik secara khusus.

 

Supaya santapan kamu semakin lengkap, kamu bisa menambahkan ketupat atau burasa untuk pelengkap makanan yang satu ini.

 

  1. Sarabba

Sarabba ialah minuman khas suku Bugis yang banyak tinggal di Makassar dengan bahan pembuatan meliputi jahe, gula aren, merica bubuk, kuning telor, dan santan.

 

Campuran tersebut akan menimbulkan minuman dengan rasa hangat pedas manis sehingga sangat cocok diminum saat cuaca dingin.

 

Warna yang dihasilkan berkat percampuran bahan tersebut ialah coklat, tapi tak terlalu pekat.

 

Harga untuk minuman yang bisa dengan gampang dijumpai di Makassar ini cuma 8 ribu hingga 10 ribu rupiah saja per satu gelasnya.

Rasa dari sarabba sungguh-sungguh khas dan dikatakan cakap menambah stamina serta dapat menghangatkan tubuh. Belum lagi penyakit seperti flu dan masuk angin dapat dengan lantas ditangkal sehabis meminumnya.

 

  1. Konro Bakar Karebosi

Jangan sampai lewatkan buat kamu yang ingin berkunjung ke Sulawesi, karena bumbu rempah yang digunakan sangat beragam, salah satunya yakni buah kluwek yang menghasilkan warna hitam pada kuahnya.

 

Daerah paling tepat untuk merasakan konro bakar ada di Jl. Gunung Lompobattang no. 41 dengan nama kedai Konro Bakar Karebosi. Penampilan antara yang direbus dan dibakar agak berbeda, seperti pada warna kuah dan rasanya.

 

Kuah konro bakar cenderung lebih hitam, meski yang direbus mempunyai warna agak coklat.

 

Untuk rasa, iga yang dimasak dengan cara dibakar akan lebih mempunyai rasa yang khas dari pada dengan cara pemasakan lainnya, termasuk perebusan.

 

  1. Pallubasa

Pallubasa adalah makanan dengan tampilan dan bahan yang mirip seperti coto makassar, termasuk bahan utama pembuatannya adalah jeroan sapi atau kerbau beserta dagingnya yang juga sama.

 

Wujud pallubasa mempunyai tampilan kuah kecokelatan yang agak pekat, kemudian ada kuning telor menyembul di atasnya.

 

Perbedaan antara coto dengan pallubasa yang paling awam adalah adanya telor ceplok mentah di atas pallubasa, apabila coto tak ada telornya.

 

Apabila pallubasa menggunakan nasi, karenanya coto lebih tak jarang dipandu burasa atau ketupat.

 

  1. Burasa

Nama lain dari makanan ini yakni buras atau lapar, namun nama burasa di masayarakt bugis sulawesi ini sudah melekat pada panganan ini. Bentuk dari makanan ini bentuknya pipih, dan biasanya disantap dengan coto makassar atau opor ayam.

 

Cara membuat makanan khas ini juga sangat mdauh lho. Yang pertama harus kamu lakukan adalah merebus beras yang sudah dicampurkan oleh santan hingga lembek. Selanjutnya dibungkus memakai daun pisang yang sudah menggunakan tali rafia. Lalu rebus hingga matang